Brag Document

Masih soal kerjaan, tapi sebagai wanita Asia yang sempat menjalani periode nggak kerja korporat selama 4 tahun, aku sering banget ngerasain impostor syndrome. Apalagi budaya Indonesia kan cukup kental yah rasa gotong-royong nya, nah jadinya kadang2 (cukup sering) membuat aku lupa mengapresiasi keberhasilan diri sendiri karena lebih mengutamakan keberhasilan tim.

Problema ini biasanya muncul juga pas lagi merasa stuck di kerjaan, terus mikir… selama ini udah kerja ngapain aja? Kemudian, jalurnya ada 2. Bisa mikir lagi, kayaknya aku pantes dapet promosi deh. Atau mikir mau cari kerjaan tempat lain. Tapi terus bingung, apa yang bisa di “jual”.

Seneng banget begitu tau ternyata aku nggak sendirian. Bahkan di dunia barat yang keliatannya begitu bersinar cerah, problem ini juga sering muncul. Ternyata orang sini juga suka mikir kalau misalnya kita sebagai karyawan udah kerja yang bener, otomatis kita bakal dapat imbalan yang sesuai. Padahal kenyataannya gak sesimpel itu, ya gak sih?

Makanya, penting banget kita punya outlet tempat menyimpan hasil kerja kita. Selain kita juga kayaknya ga bakal inget sepanjang karir itu ngapain aja.. dan jangan sampe kelewat hal – hal penting gitu kan, aku juga udah ngerasain betapa pusingnya mikirin “udah kerja ngapain aja” waktu perlu bikin resume baru, apalagi setelah 4 tahun break kerja.

Tadi pagi aku ketemu artikel bagus nih ditulis oleh Julia Evans – dia kasih template buat bikin brag document, buat nulis semua achievements kita, mau besar ataupun kecil. Tulis aja dulu semua, mau tiap hari, atau tiap 2 minggu, pokoknya jalan terus lah. Lengkapnya bisa baca disini yah.

Semoga membantu ya! Eh tapi jadi penasaran, teman2 ada yang suka merasa impostor syndrome juga nggak? Gimana cara kalian menghadapinya? Atau, ada yang udah punya brag document? ceritain juga yah πŸ™‚

8 thoughts on “Brag Document”

  1. Bagus ya Chris dan namanya lucu brag document mungkin nama lain flexing document ya. Detail juga.

    Menurutku imposter syndrome itu masalah perasaan akarnya kuat sekali kadang-kadang tidak bisa dihilangkan begitu saja, jadi its okay kalau sesekali mengalaminya terima saja dulu. Setelah kondisi memungkinkan baru di logikakan. Ya caranya seperti brag document itu sih

  2. Kadang memang suka lupa tepuk diri sendiri di bahu untuk semua achievement yang kita dah dapet. Giliran dapet kesalahan aja ga abis2 mikirnya. Aku juga begitu.

  3. Aku suka ngerasa impostor syndrome apalagi kalau lagi kerja sama foreigner haha. Kenapa ya kayak susah aja ngilangin inferiority complex-nya, padahal secara logic dipikir-pikir kadang nggak beralasan juga… Denger-denger juga ini lebih common di perempuan. Btw, thanks for sharing soal brag document-nya Mba Christa, aku butuh banget tapi baru tau beneran ada istilahnya!

  4. Aku tentunya!! Ini lagi baca buku Radical Compassion-nya Tara Brach, katanya memang manusia itu lebih gampang mengingat hal yang negatif daripada yang bagus-bagus. Salah satu tekniknya, saat kita dapet perasaan yang enak seperti diapresiasi, nyaman, tenang, dinikmatilah perasaan itu dalam-dalam. Bisa dengan diam sejenak atau ya menuliskannya kayak di brag document. Jadi tubuh dan otak dengan mudah bisa inget. Makasih udah sharing ya Ta!

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.