Back to the UK!

After 12 years, finally!!! Temen2 blog lama mungkin masih inget kalo aku dulu pernah kuliah di Bournemouth, kota kecil di selatan Inggris. Setahun aja, tapi berkesan banget bangetan. Sejak aku lulus, aku belum pernah balik lagi ke Inggris, walaupun udah nabung2 pengen liburan, eh tapi jodohku di Amerika jadi malah belok haluan 😀

Long story short, R udah tau banget betapa pengennya aku balik ke Inggris. Dia pun penasaran, karena nggak pernah ke Eropa sebelumnya. Akhirnya sejak kami menikah kami siapin lah dana tabungan ke Inggris pelan – pelan. Akhirnya, menjelang anniversary kami ke-5, bulan Oktober kemarin kami berangkat!

Persiapannya mulai bulan Juni. Pertama – tama cari tiket, ketemulah tiket murah dengan rute LA – AMS – LON – LA. Kebetulan aku ada sahabat yang tinggal di Belanda dan pengen juga ketemuin teman2 blogger di Belandaa :). Tiket udah ditangan, lanjut bikin visa. Pas lagi mau proses, ternyata aku harus business trip dulu ke India. Lanjut bulan Juli pas balik dari India, langsung proses visa turis UK. Ternyata prosesnya lama banget, 6 minggu! Dan ditengah – tengah nunggu aku sadar kalau aku gak bakalan sempet bikin visa schengen buat ke Belanda. Hiks, bubar lah rencana, akhirnya ganti tiket PP LA- London.

Tiket yang aku pegang mengharuskan aku transit di Copenhagen. Sebelumnya rada deg2an, bisa transit gak ya? Setelah baca2, ternyata tulisannya bisa. Ok, berangkat. Pas hari H, begitu mendarat di CPH, keluar gate kok langsung ketemu imigrasi. Sempet deg2 sepersekian detik tapi mikirnya, ah paling cek dokumen aja, kan cuma transit, dokumen ke UK juga lengkap. Begitu sampai depan antrian, kasih paspor ke petugas, si petugas kayak bingung liat paspor Indonesia. Sempet dia buka contekan dulu, liat buku gitu, dan baru bilang… “I can’t let you through because you don’t have the visa. But your flight will depart from this area, so you can wait here. There’s also a 7/11 if you’d like to grab some sandwich or drinks”. LOL. Tapi dia ngomongnya ramah banget loh! Apakah memang standar orang Eropa begitu? Ngebayangin kalo petugas Amerika kayaknya ngomongnya gak bakal seramah itu hahaha…

Jadi, lesson learned, ternyata memang bisa transit di Copenhagen tanpa visa schengen tapi ya cuma bisa di daerah gate aja. Nggak bisa lanjut ke daerah pertokoannya. Untungnya (tetep untung), di daerah gate ada 7/11, Joe and the Juice, 1 toko kopi, dan lounge berbayar. Oh iya, ada juga mesin pijet super enak yang bisa bayar pake visa! Lumayan banget, soalnya aku transit 5 jam menuju London dan pas pulang transit 13 jam menuju LA.. mateng banget deh di CPH 😀

Kalau ditanya, gimana pengalaman transit CPH? 5 jam oke lah, tapi nggak rekomen overnight karena begitu malem airportnya dingiiiiiiiin banget. Lain cerita kalau kamu pegang visa schengen juga ya, bisa ke area yang ada transit hotelnya.

Intinya sih semua drama perjalanan ngga ada artinya begitu sampai di bandara Heathrow. Agak norak, tapi sempet ada kepikiran “aku pulaaaang” pas mendarat hahahaha. Ceritanya lanjut di post selanjutnya yah! 🙂

6 thoughts on “Back to the UK!”

  1. Oalah transit CPH. Iya non schengen flights semua dari gate C (yg lewat imigrasi). Gate C itu garing banget pokoknya, jadi klo mau ke situ biasanya mepet2 waktu berangkat. Lima jam di gate C pasti boring banget.

    Klo di Eropa soalnya rata2 semua flight ga lewat imigrasi ya jadi ya makanya rame di gate2 lainnya.

  2. Ih aku inget deh perasaanku pas balik lagi ke Belanda setelah 10 taun muter-muter. Mo nangis haru tapi kok norak tapi kok ih senengg.. hahaha.. I feel you!

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.